Ayoo..Hadiri dan Ramaikan Kajian Ustadz Orange & Pendistribusian Al-Qur'an, Ahad Ba'da Isya Tgl.28 Nopember 2021 di Masjid Al-Muhajirin

Dr Zulkifli Jelaskan Makna Surat Asy-Syams, Bersihkan Jiwa

Dr. Zulkifli, M.Ag

Sebagaimana biasa setiap pekan pertama bulan, Dr. Zulkifli, M.Ag menjadi nara sumber pada majelis ilmu di Masjid Al-Muhajirin. Pada pertemuan ini, Dr Zulkifli menjelaskan tentang pentingnya menyucikan (membersihkan) jiwa.

Dalam pada itu Dr Zulkifli menjelaskan Surat Asy Syams. Yakni berisi dorongan kepada manusia untuk membersihkan jiwanya agar mendapat keberuntungan di dunia dan di akhirat dan menyatakan bahwa Allah akan menimpakan azab kepada orang-orang yang mengotori jiwanya. Selain itu Allah memberitahukan kepada manusia jalan ketakwaan dan jalan kekafiran. Allah juga memberikan penjelasan bahwa manusia memiliki kebebasan untuk memilih antara kedua jalan itu.

Asy Syams artinya matahari, diambil dari kata di dalam ayat pertama. Menurut ulama, surah Asy Syams mengingatkan bahwa kebahagiaan manusia adalah menyucikan dan mengembangkan dirinya dengan pengembangan yang baik serta menghiasinya dengan ketakwaan dan menghindarkannya dari segala kedurhakaan.

Pelajaran yang bisa dipetik dari surah Asy Syams yaitu apabila melakukan kebajikan dan menghindari keburukan, maka akan mendapat balasan. Sehingga manusia harus memerhatikan kedua perbuatan itu. Sebab kalau tidak, akan terancam mengalami bencana sebagaimana yang dialami oleh umat terdahulu.

Surah Asy Syams memiliki hubungan dengan surah Al Lail. Surah Asy Syams menerangkan bahwa orang-orang yang menyucikan jiwanya akan memperoleh keberuntungan. Sementara orang yang mengotori jiwanya akan diazab oleh Allah. Sedangkan surah Al Lail menjelaskan perbuatan menyucikan jiwa itu akan menghasilkan keuntungan dan perbuatan yang mengoroti jiwa akan menghasilkan kerugian.***

Belum ada Komentar untuk "Dr Zulkifli Jelaskan Makna Surat Asy-Syams, Bersihkan Jiwa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel