Yuk.. Shalat Berjamaah di Masjid

Shalat Subuh Berjamaah, Kajian Tiga Nasihat Malaikat Jibril Kepada Nabi Muhammad SAW, Shalat Isyraq Dan Sarapan Pagi Bersama

Ahad Subuh Berkah di Masjid Al-Muhajirin diawali Shalat Subuh Berjamaah, Mendengarkan Kajian, Dilanjutkan Shalat Isyraq Dan Diakhiri Sarapan Pagi Bersama. (10/12/2023) 

Diawal kajian Ustadz Mukhlis, SH mengajak jamaah menjadi hamba Allah SWT yang pandai bersyukur.

Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT ialah nikmat usia oleh karena itu hendaklah kita memanfaatkan umur yang ada dengan mengabdi kepada Allah SWT, mengerjakan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya serta menjalankan semua syariat yang ditentukan Allah SWT dan berbuat baik kepada masyarakat dengan niat yang tulus dan ikhlas karena Allah.

Salah satu ujian yang terberat ialah shalat subuh berjamaah di masjid. Berapa banyak orang yang rumahnya dekat masjid tapi dia tidak datang ke masjid.

Islam mengajarkan pentingnya nasihat dan saling menasihati sebagai pelajaran, peringatan, anjuran dan teguran untuk kebaikan.

Tema kajian subuh hari ini Tiga Nasihat Malaikat Jibril Kepada Nabi Muhammad SAW

Nasihat pertama : Ingat Kematian
Hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati.

Nasihat kedua : Perpisahan
Cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya.

Nasihat ketiga : Hari Pembalasan
Berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya.

Ketiga nasihat malaikat Jibril yang disampaikan kepada Rasulullah SAW ini dapat dijadikan pedoman bagi umat beliau karena pesannya bisa menjadi nasihat sepanjang masa.

Ustadz menjelaskan bahwa Allah SWT hanya memanggil hambanya tiga kali saja dalam hidup.
Pertama : panggilan ibadah shalat lima waktu.
Kedua : ibadah haji dan umroh.
Ketiga : kematian.

Kesimpulan kajian subuh ini, pertama jadikan hidup ini berarti dari dunia sampai akhirat, Kedua mencintai keluarga kita dengan sekedarnya (jangan berlebihan). Dan ketiga setiap perbuatan itu akan dibalas oleh Allah SWT di akhirat.

Mudah-mudahan kita semua lebih semangat beribadah, ujar Ustadz Mukhlis, SH diakhir kajian dan ditutup dengan Do'a.***
 

Belum ada Komentar untuk "Shalat Subuh Berjamaah, Kajian Tiga Nasihat Malaikat Jibril Kepada Nabi Muhammad SAW, Shalat Isyraq Dan Sarapan Pagi Bersama "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel