Yuk.. Shalat Berjamaah di Masjid

Manusia-Manusia Terbaik Dalam Islam, Tausiyah Ustadz Nashihul Amin, S.Ag

Tepatnya malam keduapuluhsatu shalat tarawih, Ustadz Nashihul Amin, S.Ag mengisi tausiyah di Masjid Al-Muhajirin. Jamaah pada semangat, antusias dan penuh perhatian mendengarkan kajian. Selasa (11/04/2023).

Ustadz yang masih muda ini senang dan bahagia melihat ramainya jamaah menjalankan ibadah shalat tarawih, witir berjamaah dan tadarus Al-Quran di masjid. Dalam tausiahnya Ustadz Nashihul Amin, S.Ag menyampaikan tausiyah tentang Manusia-Manusia Terbaik Dalam Islam.

Kita hidup di dunia ini memiliki tugas untuk memperbanyak amal shalih, sebagaimana firman Allah dalam QS Al-Mulk ayat 2.

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ
أَحْسَنُ عَمَلًا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
"Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,"

Dalam Islam, sebagaimana diterangkan dalam hadits-hadits Nabi, banyak kategori-kategori manusia-manusia terbaik dalam Islam, sehingga kita berpeluang untuk berada dalam derajat tersebut. Pada kesempatan ini, saya hanya akan menyampaikan 4 kategori manusia-manusia terbaik.

1. Generasi Salafusshalih
Rasulullah ﷺ bersabda:
خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي، ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ، ثُمَّ الَّذِينَ
يَلُونَهُمْ
“Sebaik-baiknya manusia adalah zamanku, kemudian setelahnya, kemudian setelahnya.” (HR. Bukhari)
Generasi tersebut adalah zaman sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in. Dalam kategori ini kita tidak dapat mencapai derajat tersebut, karena kita tidak hidup di zaman itu.

2. Pecinta Al-Qur’an
Rasulullah ﷺ bersabda:
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
“Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR.Bukhari)
Manusia yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an akan mendapatkan banyak keutamaan dan keberkahan dari Allah, bahkan tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun keberkahan itu Allah turunkan juga ke keluarganya.

3. Paling Bermanfaat Untuk Sesama
Rasulullah ﷺ bersabda:
خَيْرُ الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. At-Thabrani).
Kita dapat memberi manfaat kepada sesame dengan 4 hal ini :
  1. Kedudukan/jabatan
  2. Ilmu
  3. Harta
  4. Tenaga
4. Paling Baik Akhlaknya
Rasulullah ﷺ bersabda:
خَيْرُ النُّاسِ اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. At-Thabrani). 
Akhlak yang kita miliki akan memengaruhi kehidupan kita, jika berakhlak baik kepada orang lain, maka hal-hal baik pun akan kita dapatkan, begitupun sebaliknya, jika kita memiliki akhlak buruk, maka hal-hal buruk yang akan menimpa kita. Akhlak merupakan hal penting dalam kehidupan manusia, bahkan lebih tinggi derajatnya daripada ilmu.

Diakhir tausiyah, Ustadz Nashihul Amin, S.Ag membuat tausiyah semakin menarik dengan pemberian hadiah spesial buat dua orang anak laki-laki dan perempuan yang bisa menjawab pertanyaan kajian.

Selepas shalat tarawih dan witir berjamaah dilanjutkan tadarus Al-Quran oleh beberapa orang jamaah mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengharap Ridha-Nya, memperoleh keutamaan dan pahala-Nya.***

Gallery foto oleh Tim IT





Belum ada Komentar untuk "Manusia-Manusia Terbaik Dalam Islam, Tausiyah Ustadz Nashihul Amin, S.Ag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel