Yuk.. Shalat Berjamaah di Masjid

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Semasa Hidup Dan Setelah Wafat, Tausiyah Ramadhan, Ustadz Asmadi, M.Pd

Malam kelima shalat tarawih, jamaah Masjid Al-Muhajirin antusias dan penuh perhatian mendengarkan tausiyah oleh Ustadz Asmadi, M.Pd tentang berbakti kepada kedua orang tua semasa hidup dan setelah wafat.

Dalam Islam berbakti kepada kedua orang tua menempati posisi yang paling tinggi.

Ada tiga perintah Allah yang berangkai dalam Alquran  
Pertama : Dirikanlah shalat dan tunaikan zakat
Kedua : Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nabi Muhammad SAW)
Ketiga : Bersyukur kepada kedua orang tua merupakan perintah Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya, “Bersyukurlah kepadaku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS Luqman: 14).

Makna bersyukur kepada kedua orang tua ialah berbakti kepada kedua orang tua.Kita harus menunjukkan sikap patuh dan mengerahkan sekuat tenaga kita untuk membahagiakan orang tua.

Di dalam Al-Qur'an Surat Al-Isra ayat 23 :
"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."

Orang tua juga mempunyai peran sebagai pelindung, mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anaknya.

Seperti yang telah ditegaskan Rasulullah SAW dalam hadits nya yang berasal dari pertanyaan seorang sahabat. "Ya Rasul, siapakah orang yang harus aku hormati di dunia ini." Rasul menjawab, "Ibumu." Kemudian dia bertanya lagi, "Lalu siapa?" Rasul menjawab, "Ibumu." "Kemudian lagi, ya Rasul," tanya orang itu. "Rasul menjawab, "Ibumu." Lalu, laki-laki itu bertanya lagi; "Kemudian, setelah itu siapa, ya Rasul?" "Bapakmu," jawab Rasulullah.

Pengorbanan seorang Ibu memang luar biasa karena kebaikan kepada ibu tiga kali lebih besar daripada kepada ayah, mulai dari mengandung , melahirkan, menyusui, mengasuh, menyekolahkan dan menjaganya sampai besar.

Dan kewajiban anak kepada kedua orang tua agar menjaga lisan untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa menyakiti hati kedua orang tua dan tidak boleh durhaka.

Agama kita sangat menjunjung tinggi kedudukan orang tua. Setiap anak harus berbakti dan memberikan penghormatan yang tinggi kepada keduanya.

Rasulullah bersabda, “Ridha Allah bergantung kepada keridhaan orang tua, dan murka Allah bergantung kepada kemurkaan orang tua” (HR Thabrani).

Wajib diketahui, apabila anak durhaka kepada orang tuanya akan mendapatkan azab di dunia dan akhirat.

Kewajiban seorang anak berbakti kepada kedua orang tua ketika mereka berdua atau salah satunya telah meninggal dunia yaitu mendoakannya supaya amal ibadah mereka diterima oleh Allah SWT dan bersedekah atas nama orang tua.

Semoga kita menjadi anak yang soleh dan solehah dan berbakti kepada kedua orang tua dan rajin beribadah untuk  mendapatkan surga Allah SWT.. Aamiin, ucap Ustadz Asmadi, M.Pd.

Diakhir kajian, Ustadz Indra Khoirul, S.Pd.I membuat tausiyah semakin menarik dengan pemberian hadiah buat anak-anak laki-laki dan perempuan yang bisa menjawab pertanyaan kajian.

Setelah tausiyah dilanjutkan shalat tarawih dan witir berjamaah, dipimpin imam dengan lantunan ayat suci Al-Quran yang indah. Dan selepas shalat tarawih dilanjutkan oleh beberapa orang jamaah tadarus Al-Quran.***

Gallery foto




Belum ada Komentar untuk "Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Semasa Hidup Dan Setelah Wafat, Tausiyah Ramadhan, Ustadz Asmadi, M.Pd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel