Ayoo..Hadiri dan Ramaikan Kajian Ustadz Orange & Pendistribusian Al-Qur'an, Ahad Ba'da Isya Tgl.28 Nopember 2021 di Masjid Al-Muhajirin

Pengurus Masjid Al-Muhajirin Bagikan Zakat Fitrah, Wajah Fakir Miskin pun Ceria

Ditengah wabah Covid-19 yang melanda negeri ini, usaha memakmurkan Masjid mengalami banyak kendala, termasuk layanan zakat fitrah 1441 Hijriah. 
Namun di Masjid Al-Muhajirin Tarai Bangun layanan zakat fitrah berjalan normal. Penerimaan zakat fitrah melebihi sedikit dibandingkan tahun lalu, Rp.43.829.750,- Jumlah beras terkumpul 693,5 Kg. Jumlah muzaki sebanyak 1662 orang atau 429 KK.

Maksimalnya layanan zakat di Masjid Al-Muhajirin ini karena penerimaan zakat dibuka sejak 3 Mei sampai malam takbiran atau penghujung malam Ramadan 1441 H.
Pengurus masjid telah mengumpulkan zakat fitrah berupa beras dan uang tunai dari masyarakat sebagai berikut :
1. Jumlah yang berzakat (muzakki) : 1662 orang (429 KK)
2. Terkumpul:
    a. Beras : 693,5 Kg
    b. Uang : Rp.43.829.750,-
3. Zakat Mal : Rp.5.375.000,-

Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, pengurus Masjid Al-Muhajirin menyalurkan zakat fitrah sebagai amanah dari warga.
Dalam penyaluran zakat fitrah biasanya pengurus Masjid membagikan beras di Masjid  kepada mustahiq atau penerima zakat. Namun, kali ini berbeda untuk mencegah pandemi covid-19 maka zakat fitrah dibagikan secara langsung atau diantar ke rumah warga oleh pengurus Masjid.

Jumlah penerima zakat (mustahiq) :
a. Fakir : 12 orang
b. Miskin: 90 orang
c. Amil : 5 orang
d. Fi sabilillah : 6 orang
e. Muallaf : 1 orang
Total keseluruhan : 114 orang

Warga sangat antusias saat menerima zakat fitrah, mengaku senang dan terharu atas kepedulian pengurus Masjid. Demikian kata Koordinator Pemberdayaan ZIS Masjid Al-Muhajirin Bapak Aprianto, Kamis (21/05/2020)

Ketua Masjid Al-Muhajirin Bapak Dr. Jarir MAg menuturkan semua zakat fitrah sudah dibagikan kepada keluarga miskin dan warga tidak mampu di lingkungan RW.03 Dusun IV dan perumahan sekitarnya.
Mustahiq masing-masing mendapatkan Beras dan Uang per keluarga sebanyak :
Golongan 1 : beras 7,5 kg + Rp 685.000
Golongan 2 : beras 5 kg + Rp 645.000
Golongan 3 : beras 5 kg + Rp 280.000
Semoga kegiatan ini bisa saling berbagi kebahagiaan terhadap mereka yang terbatas dari kebutuhan dasar.
“Menurutnya warga yang membayar zakat antara tahun lalu dan tahun ini kurang lebih sama jumlahnya, hanya penerimanya yang makin meningkat, mungkin dampak merebaknya pandemi covid-19 saat ini”, ujarnya. Sabtu (23/05/2020).

Ketua RW.3 Dusun IV Tarai Bangun Bapak Baharuddin mengucapkan terimakasih, zakat ini sangat bermanfaat bagi warga RW.3 dan sekitarnya.
"Ini momen yang paling tepat menyalurkan zakat kepada mustahiq dan memberi bantuan kepada warga yang banyak susah ekonomi ditambah lagi akibat dampak akibat Covid-19," ujarnya.

Ketua Yayasan Masjid Al-Muhajirin Bapak Dr. Hasanuddin, M.Si mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pengurus Masjid yang solid menjalankan aktivitas memakmurkan Masjid di tengah wabah Covid-19 saat ini. Di beberapa Masjid terjadi pengurangan jumlah muzaki, tetapi di Masjid Al-Muhajirin Alhamdulillah masih tinggi jumlah muzakinya, lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. "Ini patut kita apresiasi," paparnya.***


Pengurus Masjid Al-Muhajirin, Pemberdayaan ZIS

1 Komentar untuk "Pengurus Masjid Al-Muhajirin Bagikan Zakat Fitrah, Wajah Fakir Miskin pun Ceria "

  1. Alhamdulillah, secara berangsur program masjid al-muhajirin tarai bangun bisa diketahui publik, semoga memberi semengat untuk jamaah memakmurkan masjid

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel