Mari Bersama Tahsin di Masjid Al-Muhajirin, Selasa & Kamis Malam Ba'da Isya

Pengurus Masjid Al-Muhajirin Gelar Rapat Persiapan Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H

Hari Raya Idul Adha 1441 H, hitungan hari sebentar lagi tiba, pengurus Masjid Al-Muhajirin menggelar rapat persiapan Shalat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban.
Rapat dibuka oleh sektretaris pengurus Masjid Bapak Gusti Indra, S.Pi , Jumat (3/07/2020)

Pelaksanaan rapat yang dihadiri oleh Ketua Masjid dan pengurus Masjid, jamaah Masjid, Ketua RW.03, Ketua RT.01 s/d RT.04 membahas tentang teknis pelaksanaan Shalat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban disepakati :
  1. Shalat Idul Adha di lapangan lokasi nya dekat RT.02 dan RT.04
  2. Pemotongan hewan qurban di area samping parkir Masjid
  3. Pembentukan panita dan pekerja pemotongan hewan qurban
  4. Persiapan makan siang dan snack buat panitia dan pekerja
  5. Gotong royong di lapangan sebelum Hari Raya Idul Adha
  6. Persiapan tenda dan sound system di lapangan Shalat
  7. Pelunasan pembayaran qurban 1 minggu sebelum Hari Raya Idul Adha
  8. Jika uang berlebih, rencana mau beli baju kaos seragam buat pekerja qurban
  9. Bekerjasama dengan Ketua RT untuk mendata warga penerima qurban (muslim)
  10. Menetapkan petugas pelaksanaan Shalat Idul Adha.
Ketua pengurus Masjid Al-Muhajirin Bapak Dr. Jarir, M.Ag mengungkapkan bahwa persiapan Shalat Idul Adha di lapangan dan pemotongan hewan qurban tahun ini di parkir Masjid harus dimatangkan dengan baik, saling kerjasama, saling berkoordinasi dan mengacu pada protokol kesehatan dimasa pandemi covid-19. Mengingat kegiatan ini sudah pernah dilaksanakan tahun tahun sebelumnya, mulai dari pengumpulan, penyembelihan, sampai dengan distribusi daging qurban.
“Dan mengapresiasi kegiatan rapat malam ini berjalan lancar dan mengucapkan terimakasih atas ramainya peserta rapat yang hadir.
Sekaligus menyampaikan kepada Ketua RT.01 s/d RT.04 dan Ketua RW.03 bahwa saat ini Masjid memesan Keranda Mayit untuk pengantaran warga yang meninggal dengan bahan yang ringan dan bagus senilai Rp.6.500.000,-. Sudah dikasih panjar Rp.1,500.000,- . Kekurangan nya Rp.5.000.000,- diharapkan adanya bantuan dari masing-masing RT dari dana BSKM semampunya”, Ujarnya.

Bapak Masrul selaku koordinator qurban sampaikan data sementara jumlah peserta qurban tahun ini meningkat dari tahun lalu, yang Insya Allah akan menyembelih 7 ekor sapi. Berharap sebelum hari H bisa bertambah peserta qurban dengan pelunasan 1 minggu sebelum Idul Adha. Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di area parkir Masjid Al-Muhajirin.
“Dan ditetapkan untuk 1 ekor sapi terdiri dari 7 orang pekerja, berarti untuk 7 ekor sapi total pekerjanya 49 orang yang diwakili RT.01 s/d RT.04 dan Perumahan sekitarnya.
Sapi datang 1 (satu) hari sebelum dipotong maka untuk keamanan ditugaskan 2 orang menjaga sapi dengan upah Rp.400.000,-“, paparnya.

Ketua RW.O3, Dusun IV Desa Tarai Bangun Bapak Baharuddin mengajak warga gotong royong sebelum Hari Raya Idul Adha membersihkan lapangan untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha. Dan juga meminta kepada RT.01 s/d RT.04 memasang tenda milik RT di lapangan Shalat 1 buah untuk podium dan juga di area parkir Masjid 2 buah untuk pekerja pemotongan hewan qurban.
“Kegiatan ini harus didukung bersama untuk kelancaran Shalat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban”, tuturnya.

Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan penyembelihan qurban tahun ini juga direncanakan dengan kegiatan memasak untuk makan siang panitia dan pekerja qurban. Disepakati tahun ini tidak memasak dan akan beli nasi bungkus di rumah makan harga Rp.12.000 per bungkus dan snack diantar oleh Ibu-Ibu RT.01 s/d RT.04 dengan jadwal pengantaran akan diatur bergantian, ungkap Ibu Yusmarni Asra.

Belum ada Komentar untuk "Pengurus Masjid Al-Muhajirin Gelar Rapat Persiapan Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel