Mari Bersama Tahsin di Masjid Al-Muhajirin, Selasa & Kamis Malam Ba'da Isya

Ragam Lomba Meriahkan 1 Muharram 1442 H di Masjid Al-Muhajirin

Suasana Gema Muharram berlangsung meriah dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 hijriyah di Masjid Al-Muhajirin. Berbagai lomba diikuti oleh jamaah mulai dari anak-anak hingga dewasa. Diawali dengan kata sambutan juri lomba adzan oleh Ustad Hidayat, SE.

Ketua Masjid Al-Muhajirin Dr. Jarir, M.Ag menyampaikan peringatan 1 muharram 1442 H untuk mengingatkan kepada anak-anak tentang hari besar umat Islam. Berbagai lomba yang diikuti oleh anak-anak dapat menumbuhkan kreativitas untuk menggali potensi dirinya.
Dan lomba juga dimeriahkan oleh orang dewasa dalam rangka menjalin silaturrahmi sesama jamaah Masjid. Peringatan Muharram tahun ini terlihat ramai dan meriah, semua peserta terlihat lebih antusias dan semangat mengikuti lomba dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.
“Mengucapkan terimakasih kepada panitia atas terselengaranya kegiatan Gema Muharram 1442 H dan juga peserta yang sudah ikut berpartisipasi karena kegiatan ini bagian dari syiar Islam,” ujarnya.

Koordinator PHBI Masjid Al-Muhajirin, Mohd. Taher, SH menerangkan Gema Muharram 1442 H dilaksanakan 2 hari, Sabtu-Ahad, 10-11 Muharram 1442 H / 29-30 Agustus 2020 M di Masjid Al-Muhajirin. Kegiatan lomba sebagai berikut :

Pada hari pertama, Sabtu, 10 Muharram 1442 H / 29 Agustus 2020 , dimulai ba’da Isya pukul 20 wib, digelar Lomba Adzan, terdiri dari 2 kategori peserta :

  • Golongan Remaja, usia SMP-20 tahun diikuti 9 peserta
  • Golongan Dewasa, usia 21-60 tahun diikuti 13 peserta

Pada hari kedua, Ahad 10 Muharram 1442 H / 30 Agustus 2020 M, digelar lomba :

  1. Lomba Mewarnai, pukul 8-10 wib diikuti peserta anak putra dan putri usia TK-Kelas 3 SD. Kertas dan gambar yang diwarnai disiapkan panitia dan alat tulis pewarana seperti crayon dan meja gambar disiapkan oleh peserta.
  2. Lomba Melukis Kaligrafi, pukul 8-10 wib diikuti peserta anak putra dan putri usia Kelas 4-6 SD, ayat yang dilukis ditetentukan oleh panitia menggunakan kertas A3, semuanya disiapkan panitia kecuali alat tulis dibawa oleh peserta seperti pensil, pena, crayon, spidol, snowman, handam, dll.
  3. Lomba Memasak, waktu pelaksanaan ba’da dzuhur menjelang ashar, diikuti putra dan putri serta bapak-bapak dan ibu-ibu, usia peserta tidak dibatasi. Putra/bapak-bapak lomba memasak Mie Goreng dan putri/ibu-ibu lomba memasak Nasi Goreng, menggunakan sistem beregu terdiri dari 2 orang atau 3 orang. Budget bahan baku Rp.15000,- disiapkan panitia dan alat masak disiapkan peserta.

Dalam pelaksanaan lomba tersebut bertindak sebagai juri untuk beberapa lomba yakni :

  1. Ustad H. Zainur ME.Sy, Ustad Hidayat SE, Ustad Jalinus S.Ag sebagai juri Lomba Adzan menerangkan kriteria penilaian peserta yakni : Fashaha, Irama, Adab
  2. Ustad Nashihul Amin S.Ag dan Rasoki menjelaskan Lomba Mewarnai untuk kriteria penilaian peserta yaitu keindahan warna, keserasian warna, kerapian, dan
  3. Nasihul Amin S.Ag juga megatakan untuk Lomba Melukis Kaligrafi, ditentukan kriteria penilaian yaitu kebenaran tulisan, keindahan tulisan dan hiasan dan kerapian.
  4. Gusti Indra S.Pi, Mirza Suhendri, Nur Maulina sebagai juru Lomba Memasak menerangkan kriteria penilaian peserta adalah rasa, penyajian dan kekompakan. Lomba diikuti oleh Bapak-bapak menamakan group nya dengan nama sahabat Nabi dan Ibu-ibu menamakan group nya dengan nama bunga diantaranya :

Group Bapak-bapak peserta memasak mie goreng yaitu :

  1. Muhammad Yanis dan M.Rasoki menamakan group nya dengan nama Khalid Bin Walid 
  2. Masrul dan Tuah menamakan group nya dengan nama Umar Bin Khatab
  3. Baharuddin dan Basir menamakan group nya dengan nama Ustman Bin Affan
  4. Zulkifli dan Sapril menamakan group nya dengan nama Ali Bin Abi Thalib
  5. Yudi dan Maulana menamakan group nya dengan nama Bilal Bin Rabah   

Dan group Ibu-ibu peserta memasak nasi goreng yakni :

  1. Sri dan Hana menamakan group nya dengan nama Melati RT01
  2. Ilim, Arnei dan Erni menamakan group nya dengan nama Mawar
  3. Diana dan Endras menamakan group nya dengan nama Teratai
  4. Mirawati dan Eni menamakan group nya dengan nama Melati RT.02
  5. Merita dan Dewi menamakan group nya dengan nama Angrek
  6. Yurni dan Aminah menamakan group nya dengan nama Dahlia 

“Semua peserta sudah menampilkan yang terbaik dan pemenang dan pemberian hadiah kepada peserta diumumkan usai acara lomba atau acara puncaknya pada Ahad malam ba’da Isya yaitu setelah Tablig Akbar,” papar Sekretaris Masjid Gusti Indra, S.Pi

Ketua Yayasan Masjid Al-Muhajirin, Dr. Hasanuddin, M.Si mengapresiasi kegiatan lomba ini, perayaan Gema Muharram ini mengajarkan kepada anak-anak untuk memaknai perayaan tahun baru dengan kegiatan yang positif. Dan kegiatan lomba yang diikuti oleh orang dewasa bisa sebagai ajang silaturrahmi antar sesama jamaah, ujarnya.

Ketua RT.02 Zulkifli, satu diantara peserta lomba memasak mengatakan bahwa ia mengikuti perlombaan ini untuk bergembira bersama-sama dengan jamaah dengan harapan dapat memotivasi peserta lain terlebih dari kalangan anak muda, yang mana kegiatan memeriahkan 1 Muharam rutin diadakan setiap tahunnya, ungkapnya.

Diantara peserta anak yang mengikuti lomba kaligrafi, Guzrel dari RT01, Indah dari RT02, Fathia dari RT04 bersama teman-teman yang lain mengatakan sebelum perlombaan ini kami berlatih di rumah, harapannya ikut lomba bisa juara," harapnya.

Acara ini sangat bermanfaat bagi warga agar tidak lupa tahun baru Islam. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini perlu dirayakan setiap tahun agar dapat selalu diingat," tutur Ketua RW.03 Dusun IV Desa Tarai Bangun, Baharuddin.

Alhamdulillah, peserta Gema Muharram tahun ini cukup ramai tanpa tidak dipungut biaya apapun alias biaya pendaftaran lomba Gratis. “Dari awal sampai dengan akhir, acara berlangsung tertib dan lancar, semoga tahun berikutnya bisa lebih meriah lagi dari tahun ini” ucap Wakil Panitia Lomba, Moh.Nashihul Amin, S.Ag

Gallery Foto Lomba "Gema Muharram 1442 H", Dokumnetasi Nashihul, Rasoki, Wilhetri

1. Foto Lomba Adzan Dewasa

























2. Foto Lomba Adzan Anak-Anak















3. Foto Juri Lomba Adzan dan Jamaah Masjid











4. Foto Anak Lomba Mewarnai dan Kaligrafi































































5. Foto Lomba Memasak Ibu-Ibu
























6. Foto Juri Lagi Menilai Masakan Ibu-Ibu









7. Foto Lomba Memasak Bapak-Bapak



































8. Foto Juri Lagi Menilai Masakan Bapak-Bapak










9. Daftar Pemenang Lomba Gema Muharram 1442 H



.

Belum ada Komentar untuk "Ragam Lomba Meriahkan 1 Muharram 1442 H di Masjid Al-Muhajirin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel