Ayoo..Hadiri dan Ramaikan Kajian Ustadz Orange & Pendistribusian Al-Qur'an, Ahad Ba'da Isya Tgl.28 Nopember 2021 di Masjid Al-Muhajirin

Refleksi Tiga Bulan Ragam Kegiatan Masjid Al-Muhajirin

Pengurus Masjid Al-Muhajirin mengapresiasi seluruh stakeholder dan seluruh jamaah sehingga beragam kegiatan masjid dapat dilaksanakan bersama-sama di tengah deraan kondisi pandemi Covid-19.
Berikut rangkaian kegiatan yang telah dilalui bersama selama tiga bulan terakhir :

Ragam Kegiatan Bulan Juli 2020

Jumat (3/07/2020) Pengurus Masjid Al-Muhajirin menggelar rapat persiapan Shalat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban. Membahas tentang teknis pelaksanaan Shalat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban.

Ahad (12/07/2020) keranda baru dari stenlis akhirnya selesai dibuat. Berawal dari kondisi keranda lama yang sudah berkarat, ada beberapa besi yang hilang, kondisinya agak berat dan ukurannya kurang panjang (sementara ukuran manusia ada yang lebih 170 cm), maka pengurus Masjid berinisiatif membuat keranda baru, yang multi fungsi, agak ringan dan ukurannya agak panjang dari yang sebelumnya.
"Keranda lama itu kurang panjang, ada beberapa mayat yang ukuran tinggi badannya melebihi dari ukuran keranda kita, maka dibuat lah keranda yang baru dari stenlis harga nya Rp.6,5 juta”.

Ahad (19/07/2020) sebanyak 26 anak mengikuti wisuda khatam Al-Qur'an dan 51 santriwan/i MDTA Al-Muhajirin angkatan kesebelas di Gedung MDTA Al-Muhajirin.
"Diharapkan seluruh santri MDTA yang sudah dilepas (khatam) untuk tetap mengamalkan apa yang didapatkan, diminta diamalkan dalam kehidupannya masing-masing. Tamat MDTA bukan tamat juga Shalatnya, khatam Al-Qur'an bukan juga tidak mau lagi membaca Al-Qur'an. Jadi ilmu yang didapat harus diamalkan sebagaimana dalam syair Arab : Ilmu yang tidak diamalkan seperti pohon yang tidak berbuah".

Sabtu (25/07/2020) Pengurus Masjid Al-Muhajirin mengadakan rapat koordinasi panitia qurban dengan peserta qurban, bertempat di Masjid Al-Muhajirin pukul 20.30 wib ba’da Isya. Rapat koordinasi membahas persiapan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441 H berjamaah di lapangan fasum RT.04 dan dilanjutkan dihari dan tempat yang sama penyembelihan hewan qurban pada Hari Jumat Tgl.31 Juli 2020.

Ahad (26/07/2020) warga dan jamaah gotong royong bersama persiapan Shalat Idul Adha di lapangan atau fasum di RT.04 yang sekaligus tempat ini persiapan lokasi qurban. Lokasi fasum yg disiapkan mampu menampung ratusan jamaah untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha, yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020. Terbuka buat semua warga dan jamaah yang ada di sekitaran Masjid.

Jumat (31/07/2020) Ratusan jamaah Masjid Al-Muhajirin melaksanaan Shalat Idul Adha 1441 H di Lapangan Fasilitas Umum (Fasum) RT.2 dan RT.4 berjalan khusu'. Shalat diimami Ustaz Jalinus S.Ag dan Khatib Uztaz Hidayat, SE.
Dalam Shalat Idul Adha kali ini pengurus Masjid memberi fasilitas terpal untuk alas Shalat, agar jamaah tidak perlu lagi membawa alas dari rumah masing-masing. Cukup membawa sejadah dan masker sebagaimana protokol kesehatan untuk menghindari virus Covid-19.
“Menjelang Shalat Idul Adha 1441 H, digelar penggalangan dana untuk pembangunan lantai II Masjid Al-Muhajirin”.

Jumat (31/07/2020) Pelaksanaan qurban berjalan lancar. Alhamdulillah qurban di Masjid Al-Muhajirin tahun ini meningkat yaitu sebanyak 9 ekor sapi dan enam ekor kambing. Walaupun di Hari Jumat, target pemotongan 9 ekor sapi dan 6 ekor kambing berjalan lancar.

Ragam Kegiatan Bulan Agustus 2020

Selasa (4/08/2020) Yayasan Masjid Al-Muhajirin dan Pengurus Masjid menggelar rapat koordinasi di Masjid Al-Muhajirin. tujuan utama rapat ini koordinasi dan mensinergikan percepatan penyelesaian pembangunan Masjid
“Pembangunan lantai II Masjid Al-Muhajirin, desainnya telah dipersiapkan oleh seksi pembangunan dan disepakati oleh peserta rapat”.

Ahad (09/08/2020) Pengurus Masjid Al-Muhajirin menawarkan ke jamaah Masjid dan penduduk sekitar menjadi donatur pembangunan lantai dua Masjid. Kali ini banyak pilihan, boleh menjadi donatur tetap atau tidak tetap.
“Surat Tawaran Jadi Donatur Pembangunan "Rumah Allah" dan Ajakan Shalat Berjamaah”.

Jumat (21/08/2020) Majelis Taklim Masjid Al-Muhajirin menggelar tahun baru hijriah 1442 H dengan menghadirkan Ustadz  "Peringatan tahun baru hijriah ini untuk memupuk kebersamaan, walau kondisi Covid-19. Acaranya mendengarkan tausiah agama dan makan bersama”.

Jumat, (21/08/2020) Masjid Al-Muhajirin membuka kesempatan kepada para jamaah dan donator untuk sedekah berbagi makanan. Kegiatan ini rutin digelar setiap hari Jumat dinamakan Jumat barokah. “Setelah Shalat Jumat, setiap orang boleh mengambil, bukan hanya orang dewasa namun juga anak-anak”.

Selasa (25/08/2020) Untuk memeriahkan tahun baru Islam 1442 H, Pengurus Masjid Al-Muhajirin menggelar rapat persiapan lomba “Gema Muharram 1442 H”. Akan mengadakan berbagai lomba yang bisa diikuti oleh semua jamaah mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kegiatan lomba dilaksanakan 2 hari, Sabtu-Ahad 29-30 Agustus 2020 di Masjid Al-Muhajirin.

Kamis (27/08/2020) Pengurus Masjid Al-Muhajirin berinisiatif membuat kalender hijriyah tahun 1442 ke jamaah Masjid untuk membiasakan menggunakan penanggalan hijriah. Selain itu juga saat ini sedang memasuki tahun baru 1442 Hijriyah.
“selain mengenalkan kalender hijriyah juga pesan mengajak Sholat Berjamaah di Masjid".

Ahad, (30/08/2020) Suasana Gema Muharram berlangsung meriah dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 hijriyah di Masjid Al-Muhajirin. Berbagai lomba diikuti oleh jamaah mulai dari anak-anak hingga dewasa.
Pada hari pertama, Sabtu, 10 Muharram 1442 H / 29 Agustus 2020, dimulai ba’da Isya pukul 20 wib, digelar Lomba Adzan.
Pada hari kedua, Ahad 10 Muharram 1442 H / 30 Agustus 2020 M, digelar lomba Lomba Mewarnai, Lomba Melukis Kaligrafi dan Lomba Memasak.

Ahad ba’da Isya 11 Muharram 1442 H (30/08/2020) Setelah beberapa bulan tidak mengadakan ceramah agama atau tabligh akbar dikarenakan pandemic covid-19. Masjid Al-Muhajirin kembali mengadakan Tabligh Akbar dalam rangka peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H. Jamaah mendengarkan tabligh akbar oleh KH. Muhammad Abdih, Lc., MA.

Ragam Kegiatan Bulan September 2020


Rabu (02/09/2020) Internet Gratis. Kondisi pandemi covid-19 mengharuskan para siswa belajar secara daring atau online, mengakibatkan orang tua harus menyiapkan internet di rumah. Bagi orang tua yang kurang mampu, kadang tidak bisa membeli kuota internet, sehingga anaknya kesulitan dalam belajar. Berawal dari keprihatinan mendengar curhat masyarakat, maka Yayasan Masjid Al-Muhajirin dan Pengurus Masjid Al-Muhajirin ikut peduli membantu pendidikan para siswa yang tinggal di perumahan sekitar masjid.
“Dengan menyediakan layanan Wifi gratis untuk jamaah dan para siswa SD, SLTP, SLTA, Kuliah yang belajar daring atau online sudah bisa diakses setiap hari di lingkungan masjid. Juga untuk guru-guru MDTA Al-Muhajirin ini sangat membantu mereka”.

Ahad, 18 Muharram 1442 H, (6/09/2020) pembangunan Masjid Al-Muhajirin sudah masuk tahap pengecoran ring-ring balok dan talang air lantai II (dua).
"Dalam pengecoran ring-ring balok dan talang air lantai II (dua) menghabiskan 140 sak semen, beberapa truk pasir serta kerikil yang diperoleh dari sumbangan dari jamaah, warga dan donator".

Selasa, 20 Muharram 1442 H (08/09/20) Jama’ah Masjid Al-Muhajirin bergotong royong membersihkan debu di halaman dan ruangan dalam masjid disebabkan pembangunan lantai II. Sebagian menggunakan kain pel membersihkan lantai, beberapa jamaah memberos sisa semen bekas pembangunan lantai II dan separuhnya menyapu halaman masjid.

Selasa (22/9/2020). Alhamdulillah pengecoran tapak kubah Masjid Al-Muhajirin berjalan lancar. Pengecoran dilakukan sejak pagi sampai sore, Dengan selesainya pengecoran atap tapak kubah ini, maka selesailah satu agenda lagi telah selesai. Agenda berikutnya, jika tidak ada aral melintang, rencananya pembuatan atap masjid. Diperkirakan memerlukan waktu sekitar setengah bulan. Semoga agenda-eganda pembangunan ini berjalan lancar, dan setahap demi setahap pembangunan lantai II Masjid Al-Muhajirin lancar dan aman.

Kamis (24/09/2020) Imbauan Mematuhi Protokol Covid-19 di Masjid. Pandemi covid-19 semakin mengkhawatirkan karena sudah masuk ke wilayah sekitar masjid, maka pengurus masjid kembali mengeluarkan maklumat tentang aturan dan imbauan bagi jamaah dalam beribadah di Masjid Al-Muhajirin.

Senin (28/09/2020) Galang Dana Atap dan Kubah Masjid. Yayasan dan Pengurus Masjid Al-Muhajirin mengajak jamaah dan donator untuk memberikan infaq dan bantuan dana untuk "pembelian atap dan kubah masjid" berupa uang dan barang. Berharap pembangunan masjid ini diberikan kemudahan dan kelancaran sampai pada akhirnya lantai II (dua) masjid nanti dapat digunakan sepenuhnya.

Belum ada Komentar untuk "Refleksi Tiga Bulan Ragam Kegiatan Masjid Al-Muhajirin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel