Mari Bersama Tahsin di Masjid Al-Muhajirin, Selasa & Kamis Malam Ba'da Isya

Kandungan Surah Al-Baqarah Ayat 255 (Ayat Kursy) | Dr. Khotimah, M.Ag

Ustadzah Dr. Khotimah, M.Ag

Sebagaimana biasa Ibu-ibu majelis ta’lim Masjid Al-Muhajirin setiap pekan adakan pengajian. Pada pertemuan ini Ustadzah Dr. Khotimah, M.Ag menjadi nara sumber.
Seluruh ibu-ibu jamaah sangat antusias, penuh semangat dan penuh perhatian mendengarkan tausiyah oleh Ustadzah Dr. Khotimah, M.Ag dosen studi agama Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.

Rutinitas ta'lim hari ini, Jum’at (10/12/2021) diisi dengan judul "Kandungan dalam Surah Al-Baqarah ayat 255 (ayat kursy)."
Dalam ayat kursy ini termuat konsep ketauhidan,  yakni Tauhid Uluhiyah, Rububiyah dan asma wa sifat. Kata Al- Kursy menurut Wahbah a-z -Zuhaili dalam tafsir all Munir bermakna "al-ilmu", sedangkan pendapat lain, seperti Hasan Al-Basri memberikan makna "arasy", ungkap Ustadzah Dr. Khotimah, M.Ag.

Keistemaawaan ayat kursy sebagaimana yg dijelaskan dalam beberapa hadis Rasulullah SAW adalah :
1. Pemimpin ayat al-qur'an (sebagaimana penjelasan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim no. 810, dari Ubay bin Ka,ab).
2. Melindungi dari godaan Jin Dan Sihir.
(Sebagaimana yang diceritakan dalam hadis yang diriwayatkan oleh al-Bukhari No.2187, dari Abu Hurairah).
3. Kandungannya setara dengan seperempat Al-Qu,ran. 
(Sebagaimana yang diceritakan dalam Hadis Rasullah Saw yg diriwayatkan oleh al-Turmudzi dari Abu Hurairah Yang ditulis dalam kitab Taisiril Ushul ila Jami, Ushul min Hadis karya Asyaibani asy Syafi,i).

Diakhir tausiyahnya Ustadzah Dr. Khotimah, M.Ag berharap, semoga tausiyah singkat ini, bermanfaat buat kita semua dan dapat diamalkan.. Aamiin.

“Alhamdulillah peserta majelis taklim terus kian bertambah dan bersemangat. Terimakasih kepada seluruh ibu-ibu majelis yang hadir," ujar Bu Yusmarni Azra selaku Ketua Majelis Taklim Masjid Al-Muhajirin.***


Belum ada Komentar untuk "Kandungan Surah Al-Baqarah Ayat 255 (Ayat Kursy) | Dr. Khotimah, M.Ag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel