Yayasan dan Pengurus Masjid Al-Muhajirin Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Kemuliaan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua, Tausiyah Ustadz Haji Zainur, ME.Sy

Tausiyah Ramadhan Ustadz Haji Zainur, ME.Sy
Alhamdulillah, sudah malam ke-21 shalat tarawih berjamaah dan dilanjutkan itikaf malam pertama di Masjid Al-Muhajirin. Tampak jamaah pada semangat, antusias dan penuh perhatian mendengarkan tausiyah oleh Ustadz Haji Zainur, ME.Sy.

Ustadz Haji Zainur, ME.Sy, beliau Wakil Ketua Masjid Al-Muhajrin menyampaikan kajian Ramadhan tentang kemuliaan berbakti kepada kedua orang tua.

Dalam Al-Quran dijelaskan Allah bahwasanya berbakti kepada kedua orang tua selalu digandengkan atau dikaitkan dengan beribadah kepada Allah SWT.
Itu artinya begitu pentingnya berbakti kepada kedua orang tua.

Dijelaskan, bahwa Allah berwasiat kepada kita. Wasiat itu suatu hal yang sangat penting untuk kita laksanakan. Contoh nya :
Kita memberikan nasihat ke anak kita, “anak ku ayo shalat lima waktu dan anak ku ayo mengaji”, maka ini adalah wasiat yang harus dilaksanakan anak kita.

Kewajiban kita sebagai anak kepada kedua orang tua kita, sebagai berikut :
1. Berbbuat baik, baik dari segi perbuatan dan perkataan.
Jangan sekali-kali kita sebagai anak berkata ahh dan berkata-kata kasar kepada kedua orang tua. Katakanlah kata-kata yang baik, mulia dan sejuk di hati orang tua kita.

Banyak kejadiaan saat ini kita dengar, anak berlaku kasar kepada orang tua, menghardik orang tua bahkan ada yang memukuli orang tuanya.
Jangan sampai ini kita perbuat kepada orang tua kita karena perbuatan ini adalah dosa dan kita jadi anak durhaka kepada kedua orang tua.

2. Bagaimana kalau orang tua kita sudah meninggal dunia. Apakah kita masih bisa berbakti kepada kedua orang tua kita ?
Jika orang tua kita sudah meninggal maka anak harus sering mendoakan orang tuanya dan jika orang tua kita punya hutang semasa hidupnya, maka anak wajib membayar hutang orang tuanya (kewajiban anak) dan juga senantiasa bersilaturahmi dengan karib kerabat orang tua kita (menyambung silaturahmi).

Kedua hal diatas yang harus kita lakukan untuk berbakti kepada kedua orang tua karena di Al-Quran banyak ayat yang menerangkan cara dan petunjuk berbakti kepada kedua orang tua.

Bulan Ramadhan ini melatih diri kita untuk berbicara hal yang baik kepada orang tua dan kepada siapapun juga. Melakukan perbuatan yang baik kepada kedua orang tua kita. Mudah-mudahan kajian singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat diambil hikmahnya, papar Ustadz Haji Zainur, ME.Sy diakhir tausiyah.

Diakhir kajian, Ustadz Haji Zainur, ME.Sy membuat tausiyah semakin menarik dengan pemberian hadiah buat dua orang anak (laki-laki dan perempuan) yang bisa menjawab pertanyaan kajian malam ini.

Setelah tausiyah dilanjutkan shalat tarawih dan witir berjamaah, bertindak sebagai imam shalat Muhammad Fatih Zaki.

Selepas Shalat Tarawih dilanjutkan oleh beberapa orang jamaah tadarus Al-Quran dan itikaf malam pertama di masjid. Kegiatan ini berlangsung rutin setiap Ramadhan di Masjid Al-Muhajirin.***

Gallery foto oleh Tim IT














Belum ada Komentar untuk "Kemuliaan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua, Tausiyah Ustadz Haji Zainur, ME.Sy"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel