Yuk.. Shalat Berjamaah di Masjid

Ahad Subuh Berkah Ramai Jamaah, Shalat Sunnah Sebelum Subuh, Subuh Berjamaah, Kajian, Shalat Isyraq Dan Sarapan Pagi Bersama

Jamaah Sarapan Pagi, Ahad Subuh Berkah
Ahad subuh berkah bulan September ramai jamaah, diawali shalat sunnah sebelum subuh, shalat subuh berjamaah, kajian, shalat israq dan diakhiri sarapan pagi bersama menu sate ayam. (3/9/2023)

Jamaah antusias dan penuh perhatian mendengarkan kajian subuh. Dalam kajian Ustadz Basri Hamsyah S.Ag menyampaikan keutamaan shalat sunnah sebelum subuh.

Dari banyak ibadah, shalat subuh menjadi salah satu ibadah yang sulit atau sedikit dilakukan tepat waktu oleh sebagian orang muslim dan cenderung banyak yang melewatkannya karena tidak bangun pagi. Terlihat banyak masjid dan musholla yang sepi disaat subuh.

Padahal sebelum shalat subuh adalah waktu terbaik mendapatkan pahala dan berkah yaitu shalat sunnah qobliyah subuh atau shalat sunnah fajar.

Disebutkan dalam hadist
Artinya : “Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”(HR. Muslim).

Dan shalat subuh memiliki banyak keutamaan bagi yang menunaikannya yaitu mendapatkan pahala yang besar, pembuka pintu rezeki, lebih baik dari dunia segala isinya, disaksikan langsung oleh para malaikat dan bagi yang melakukannya mendapatkan pertolongan Allah SWT.

Para ulama berpendapat bahwa laki-laki baligh yang berakal dan mampu berjalan menuju masjid wajib mendirikan shalat subuh berjamaah di masjid. Berbeda dengan perempuan, mereka tidak wajib untuk melaksanakan shalat fardhu secara berjamaah. Dan bagi wanita tetap dibolehkan shalat berjamaah  di masjid asalkan syarat dan ketentuannya dipenuhinya diantaranya harus seizin suami dan janganlah pakai kosmetik dan parfum berlebihan ke masjid.

Siapa yang mampu mengerjakan tiga hal ini, shalat subuh berjamaah di masjid, duduk berzikir mengingat Allah SWT sampai matahari terbit dan shalat Isyraq dua rakaat maka baginya pahala haji dan umrah yang sempurna. Yang dimaksud seperti haji dan umroh bukan pelaksanaanya tapi pahalanya.

Dari Anas bin Malik RA dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda,
“Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah, kemudian dia duduk, dalam riwayat lain: dia menetap di masjid, untuk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna.” (HR  Tirmidzi).

Mudah-mudahan kajian subuh ini membawa kebaikan kepada kita semua. Dunia ini bukan tempat kita tinggal selamanya tapi dunia ini tempat kita meninggal. Kematian itu rahasia Allah SWT, Tugas kita manusia hanya satu ialah persiapkan kematian dengan cara ibadah. tutup Ustadz Basri Hamsyah S.Ag diakhir kajian subuh.

Alhamdulillah telah selesai kajian Ahad subuh minggu ini, semoga kita semua diberikan keberkahan dari Allah SWT… Aamiin, ucap pengurus Masjid Al-Muhajirin Ustadz Rasoki dan jamaah.
 
Gallery foto









Belum ada Komentar untuk "Ahad Subuh Berkah Ramai Jamaah, Shalat Sunnah Sebelum Subuh, Subuh Berjamaah, Kajian, Shalat Isyraq Dan Sarapan Pagi Bersama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel