Yuk.. Shalat Berjamaah di Masjid

Shalat Subuh Berjamaah, Kajian Kitab Syamailul Muhammadiyah, Shalat Isyraq Dan Sarapan Pagi Bersama

Sebagaimana biasa, Ahad subuh diawali shalat subuh berjamaah, kajian, shalat isyraq dan diakhiri sarapan pagi bersama di Masjid Al-Muhajirin. Ahad (21/01/2024)

Ustadz Hasan menjelaskan kitab Syamailul Muhammadiyah karya Imam Tirmidzi merupakan karya yang sangat penting dalam memperkuat kecintaan umat Islam terhadap Baginda Nabi Muhammad SAW. Kitab ini memuat berbagai hadis yang menggambarkan kehidupan sehari-hari, keistimewaan, kekhususan, hak-hak Nabi dan kerisauan beliau akan umatnya. Memahami isi kitab ini akan membantu kita untuk meneladani Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan kita sehari-hari, serta mengajari generasi yang akan datang tentang keagungan dan teladan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam kajian ini minimal ada 6 hal yang akan kita bahas diantaranya :

Pertama, kehidupan perjalanan Baginda Rosulullah.
Kitab ini memuat informasi tentang kehidupan Baginda Nabi Muhammad SAW dari lahir hingga wafat. Dari kebiasaan sehari-hari, interaksi sosial hingga misi kenabian beliau. Ini memberikan pemahaman yang dalam tentang kehidupan dan perjalanan spiritual Nabi dan dapat menjadi sumber inspirasi dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari.

Kedua, keistimewaa atau Mukjizat Baginda Nabi Muhammad SAW.
Kitab ini juga menjelaskan berbagai keistimewaan dan mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW, yang menunjukkan kebenaran kenabian beliau. Dengan memahami keistimewaan beliau, kita dapat semakin yakin bahwa Nabi Muhammad SAW adalah rosul yang benar-benar diutus oleh Allah SWT.

Ketiga, kekhususan tentang Baginda Nabi Muhammad SAW.
Kitab ini juga membahas hal-hal khusus yang terkait dengan Nabi Muhammad SAW, seperti nabi tidak memakan harta sedekah, kewajiban  nabi shalat Tahajud dan lainnya. Ini menunjukkan bagaimana kehidupan Nabi Muhammad SAW memiliki kekhususan yang tidak dimiliki oleh orang biasa dan dapat menjadi inspirasi bagi kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Keempat, hak-hak Nabi Muhammad SAW kepada Allah SWT.
Kitab ini juga menjelaskan mengenai hak-hak Nabi Muhammad SAW kepada Allah SWT. Dengan memahami hak-hak ini, kita dapat memiliki penghormatan dan penghargaan yang lebih mendalam terhadap Nabi Muhammad SAW.

Kelima, kerisauan Nabi Muhammad SAW dan keinginannya kepada Umatnya.
Kitab ini juga membahas kerisauan dan keinginan Nabi Muhammad SAW terhadap umatnya.
Pesan terakhir beliau saat wafat, "ummati, ummati, ummati", menunjukkan kerinduan dan kepedulian beliau terhadap umatnya. Ini adalah sebuah panggilan bagi kita untuk menjaga ajaran dan mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW.

Keenam, postur tubuh Nabi Muhammad SAW.
Kitab ini juga menjelaskan tentang postur tubuh Nabi Muhammad SAW. Informasi ini dapat menjadi sumber inspirasi dan kekaguman bagi umat Islam.

Memahami dan mengamalkan isi dari kitab ini sangat penting bagi umat Islam. Hal ini dapat memperkuat kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW, menjadi teladan bagi kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan menjadi pedoman dalam mendidik anak-anak kita agar mengikuti ajaran dan teladan Nabi Muhammad SAW yang diridhoi oleh Allah SWT.

Dengan demikian, kita dapat menjalani hidup dengan penuh keimanan dan ketakwaan serta menjadi bagian dari umat yang dicintai oleh Nabi Muhammad SAW. Semoga pemahaman ini menjadi sumber keberkahan bagi kita semua. Insya Allah, kitab  ini akan dibahas minggu ketiga setiap bulannya, ujar Ustadz Hasan diakhir kajian subuh.***
 

Belum ada Komentar untuk "Shalat Subuh Berjamaah, Kajian Kitab Syamailul Muhammadiyah, Shalat Isyraq Dan Sarapan Pagi Bersama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel