Ayoo..Hadiri dan Ramaikan Kajian Ustadz Orange & Pendistribusian Al-Qur'an, Ahad Ba'da Isya Tgl.28 Nopember 2021 di Masjid Al-Muhajirin

Rapat Persiapan Teknis Pelaksanaaan Qurban Idul Adha 1442 H Masjid Al-Muhajirin

Menjelang pelaksanaan Idul Adha 1442 H, digelar rapat koordinasi panitia qurban di Masjid Al-Muhajirin ba’da Isya, Sabtu (17/07/2021).
 
Dalam rapat tersebut, ketua panitia hewan qurban Masrul mengungkapkan, tujuan rapat koordinasi membahas persiapan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1442 H di lapangan fasum RT02 dan RT04. 
Dan dilanjutkan dihari dan tempat yang sama penyembelihan hewan qurban hari Selasa 20 Juli 2021.

Alhamdulillah peserta qurban tahun ini 49 orang dengan jumlah hewan qurban 7 (tujuh) ekor sapi. Iuran qurban Rp.2.400.000,- per orang.
“Meminta kerjasama dari semua panitia, terutama dalam hal teknis pada saat penyembelihan, pemotongan hingga pembagian daging hewan qurban dapat berjalan lancar. Nama-nama pekerja yang tercantum berniat seikhlas mungkin sebagaimana kita beramal”, ujar Masrul.

Pelaksanaan rapat dihadiri ketua masjid, pengurus masjid, panitia dan pekerja qurban, Ketua RW03, Ketua RT.01 s/d RT.04 dan Mahasiswa KKN UIN Suska Riau, membahas tentang teknis pelaksanaan Shalat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban disepakati :
  1. Pembentukan panitia dan pekerja pemotongan hewan qurban yakni RT masing-masing menyerahkan nama pekerja per kelompok.
  2. Ditetapkan untuk 1 ekor sapi terdiri dari 7 orang pekerja, berarti untuk 7 ekor sapi total pekerjanya 49 orang yang diwakili RT.01 s/d RT.04 dan perumahan sekitarnya.
  3. Sapi datang 1 (satu) hari sebelum dipotong maka untuk keamanan ditugaskan 2 orang menjaga sapi dengan upah per orang Rp.200.000,-
  4. Pemotongan hewan qurban di lapangan fasum RT02 dan RT04, pemotong sapi Masrul dan Aprianto.
  5. Pengantaran pembersihan perut sapi dibutuhkan satu unit mobil pickup.
  6. Persiapan makan siang dan snack buat panitia dan pekerja, teknis pengantaran diatur oleh ibu-ibu RT01 s/d RT04 dan perumahan sekitarnya.
  7. Nasi dipesan 100 bungkus di rumah makan Pak Nurdin harga Rp.18.000 per bungkus.
  8. Sebelum Hari Raya Idul Adha diadakan gotong royong dan menimbun tanah 2 truk hari Minggu di lapangan fasum RT02 dan RT04.
  9. Pemasangan tenda dan sound system hari Senin di lapangan Shalat Idul Adha
  10. Shalat Idul Adha di lapangan fasum RT.02 dan RT.04
  11. Menetapkan petugas pelaksanaan Shalat Idul Adha.
  12. Jumlah warga penerima kupon qurban 600 KK
Ketua Masjid Al-Muhajirin Dr. Jarir, M.Ag berharap pelaksanaan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban dapat terselenggara dengan lancar. Dimatangkan dengan baik, saling kerjasama, saling berkoordinasi dan patuhi prokes dikarenakan masih pandemi covid-19. Mengingat kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, mulai dari pengumpulan, penyembelihan sampai dengan distribusi daging qurban.
“Dan mengapresiasi kegiatan rapat malam ini berjalan lancar dan mengucapkan terimakasih atas peserta rapat yang hadir,” ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya, untuk makan siang panitia dan pekerja qurban, pelaksanaan penyembelihan qurban tahun ini. Disepakati tidak memasak dan akan beli nasi bungkus di rumah makan dan snack diantar oleh Ibu-Ibu RT.01 s/d RT.04 dan perumahan sekitarnya dengan jadwal pengantaran akan diatur bergantian”, ungkap Bu Yusmarni Asra.

Ketua RW03 Dusun IV Tarai Bangun Baharuddin mengatakan persiapan kali ini harus dimatangkan dengan baik mengingat kegiatan ini rutin setiap tahunnya. Dan mengajak panitia qurban, jamaah dan mahasiswa KKN UIN Suska bergotong royong hari Minggu 18 Juli 2021 membersihkan dan meratakan lapangan fasum RT02 dan RT04 dengan tanah timbun karena lapangan sebahagian berlobang.
“Kegiatan ini harus didukung bersama untuk kelancaran Shalat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban. Dan tahun ini mahasiswa KKN dari Kampus UIN Suska juga diikutkan memeriahkan Idul Adha di Masjid Al-Muhajirin”, ungkapnya.***
 
Gallery foto oleh M.Rasoki 
 

Belum ada Komentar untuk "Rapat Persiapan Teknis Pelaksanaaan Qurban Idul Adha 1442 H Masjid Al-Muhajirin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel