Yayasan dan Pengurus Masjid Al-Muhajirin Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Kajian Ramadhan 1443 H Bersama Syeikh Ahmad Matar Asal Palestina di Masjid Al-Muhajirin

Alhamdulillah, untuk kesekian kalinya jamaah Masjid Al-Muhajirin kedatangan syeikh dari Palestina. Dan Ramadhan 1443 H jadwal Syeikh Ahmad Matar safari dakwah ke Indonesia ditaja Yayasan Baitul Maal Hasuna Pekanbaru. Terlihat jamaah semangat dan antusias menyambut baik kegiatan Kajian Ramadhan dan memenuhi masjid sejak sebelum Isya. Senin (11/04/2022).

Syeikh Ahmad Matar bersama putranya Sidi Adam usia 4 tahun dari Palestina datang untuk menyambung silaturahmi kepada sesama umat muslim di Indonesia khususnya jamaah Masjid Al-Muhajirin. Silaturahmi semakin hangat mendengar kajian Ramadhan Syeikh Ahmad Matar. Beliau merupakan seorang ulama, hafiz quran dan imam masjid di Gaza Palestina.

Usai menjadi imam shalat tarawih, Syeikh Ahmad Matar didampingi Ustadz Fajar Fayaroh selaku penerjemah, menyampaikan kajian Ramadhan.

Diawal kajian, Syeikh Ahmad Matar mengucapkan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Dan jamaah serentak menjawab Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Syeikh mengajak jamaah untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Dan juga bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Syeikh menjelaskan puasa yang telah kita lalui sepertiga awal Ramadhan. Begitu cepatnya waktu berlalu puasa sepuluh hari pertama. Mulai dari puasa pertama hingga kesepuluh, apa yang sudah kita lakukan, apakah ibadah kita sungguh-sungguh dan maksimal. Bagaimana shalat kita, baca Al-Quran kita, sedekah kita, ketaqwaan kita di Ramadhan ini, ujarnya.

Dan Syeikh mengajak kita untuk selalu berdoa sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT. 
“apakah kita sudah berdoa dan dibanyak ayat kita disuruh berdoa kepada Allah SWT”.

Dijelaskan dari ayat Al-Quran : Dianjurkan kita berdo’a dan kita dipanggil oleh Allah untuk berdoa dan doa kita akan diijabah Allah SWT. Bagi yang sungguh-sungguh maka setelah berdoa maka Allah akan melangsungkan kehidupan kita dan mengabulkan doa kita.

Dan diayat Al-Quran Allah juga mengatakan, siapapun laki-laki dan perempuan, dia disebut mukmin. Jika seorang laki-laki dan perempuan itu soleh dan solehah dan rajin bersedekah, maka Allah akan menghidupkan dia yang lebih baik.

Perumpamaan, seperti kita membeli minuman, jika sudah habis maka tidak ada lagi sisanya. Tapi jika kita beramal soleh, maka tidak akan habis, pahalanya terus mengalir, ungkapnya.

Sheikh mengajak kita rutin setiap hari membaca Al-Quran. Dan amalkan sebelum membaca Al-Quran harus ta’awuds dengan membaca “A‘udzu billahi minas syaythanir rajim”.

Bagi jamaah yang disepuluh hari pertama apabila shalat, baca Al-Quran dan puasanya belum maximal, maka masuk disepuluh hari kedua Ramadhan ayo perbaiki dan tingkatkan ibadah kita. Dan juga perbanyak beristigfar dengan bacaan “Astagfirullahaladzim”, papar Sheikh.

Dalam hadis nabi dijelaskan,
“Celaka bagi orang yang beribadah dan berpuasa tapi ibadahnya tidak diterima oleh Allah SWT karena kita tidak sungguh-sungguh”.

Ayo perbaiki ibadah kita mulai dari awal sampai akhir Ramadhan. Perbanyak beristifgfar kepada Allah SWT. Dalam Al-Quran Allah menjelaskan bagi yang bersitigfar maka Allah akan mengampuni dosa kita seluruhnya.

Kenapa kita beristigfar kepada Allah SWT,
Karena semua perbuatan yang kita lakukan, baik perbuatan kita yang diam-diam maupun terang-terangan.
Allah mengetahui semuanya dan dosa-dosa kita akan diampuni Allah SWT.

Syeikh juga berpesan kepada jamaah untuk senantiasa membaca dan menghafal al-Qur’an serta mengamalkannya dalam setiap keadaan dan kesibukan.

Diakhir kajian Ramadhan ditutup Doa oleh Syeikh Ahmad Matar diikuti oleh semua jamaah Masjid Al-Muhajirin.

Seusai tausiyah oleh Syeikh Ahmad Matar, Koordinator Tim Yayasan Baitul Maal Hasuna Pekanbaru Ustadz Endy Anatta Pammasena, SIP menceritakan tentang situasi di Palestina yang saat ini kemarau cuaca panas hingga 50 derajat celcius mengakibatkan kekeringan dibanyak wilayah sehingga warga Palestina sulit menemukan air bersih untuk kebutuhan harian. Ditambah lagi pembatasan oleh zionis Israil sehingga mengakibatkan warga palestina semakin sulit kehidupannya.

Digalang dana untuk pembangunan sumur wakaf, pembangunan tempat wudhu dan kamar mandi buat warga Palestina. Membutuhkan dana pembangunan sejumlah Rp.100 juta. Dan dibeberapa masjid selama safari dakwah Ramadhan sudah terkumpul sekitar Rp.50 juta.
“Ayo kita bantu bersama-sama dan keluarkan harta kita buat saudara kita di Palestina”, papar Ustadz Endy Anatta Pammasena, SIP didampingi Tim Yayasan Baitul Maal Hasuna.

Acara penggalangan dana untuk pembangunan sumur wakaf buat saudara-saudara kita di Palestina, terkumpul dari jamaah Masjid Al-Muhajirin berupa uang cash, Alhamdulillah.
Dan sebagian jamaah bisa juga berdonasi via transfer ke rekening bank :
BSI : 5550000802
Bank Riau : 826-210—2322
An. Baitul Maal Hasanah

Ketua Masjid Al-Muhajirin Dr. Jarir, M.Ag mengucapkan terimakasih dan menyambut baik kedatangan Syeikh Ahmad Matar dari Palestina dan Tim Yayasan Baitul Maal Hasuna Pekanbaru.
“Jamaah masjid kedatangan tamu istimewa, ini kunjungan ketiga Syeikh dari Palestina bersilaturahmi dan ceramah di Masjid Al-Muhajirin,” ujarnya.

Ketua RW03 Dusun IV Tarai Bangun Baharuddin mengapresiasi Yayasan Baitul Maal Hasuna dan jamaah Masjid Al-Muhajirin.
"Semoga bantuan dari jamaah ini bermanfaat buat pembangunan sumur wakaf di Palestina dan Allah SWT melindungi warga Palestina", ungkapnya.***

Gallery foto oleh Tim IT


























































Belum ada Komentar untuk "Kajian Ramadhan 1443 H Bersama Syeikh Ahmad Matar Asal Palestina di Masjid Al-Muhajirin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel