Yuk.. Shalat Berjamaah di Masjid

Shalat Subuh Berjamaah, Kajian Fiqih Memilih Sahabat Dan Pemimpin, Shalat Isyraq Dan Sarapan Pagi Bersama

Pertengahan Desember  (17/12/2023), Ahad subuh berkah diawali shalat subuh berjamaah, kajian, shalat Isyraq dan sarapan pagi bersama di Masjid Al-Muhajirin.

Jamaah antusias dan penuh perhatian mendengarkan kajian subuh oleh Ustadz DR. Zulkifli, M.Ag tentang Cara Fiqih memilih Sahabat dan Pemimpin.

Diawal kajian Ustadz DR. Zulkifli, M.Ag menerangkan hadis, seorang muslim yang berjalan ke masjid untuk shalat berjamaah, ditulis pahala dan dihapus dosa setiap langkahnya.

Semoga Allah SWT meringankan langkah-langkah kaum Muslimin agar istiqamah berjalan ke masjid untuk shalat berjamaah.

Dalam memilih sahabat dan pemimpin sebaiknya cari yang mempunyai sifat jujur, amanah. Jika kita berteman dengan orang yang demikian, kita akan merasa aman.

Maka pandai-pandailah memilih sahabat dan pemimpin sebagaimana saat anda memilih barang yang bagus lagi berkualitas.

Dan perkara memilih teman, persahabatan yang sampai ke surga selamanya. Sungguh bersahabat dengan orang-orang yang saleh adalah nikmat yang sangat besar.

Nabi Muhammad SAW memberi pedoman agar selalu mencari sahabat atau teman akrab yang baik.

Sabda beliau :
Seseorang akan mengikuti perilaku temannya, maka perhatikanlah siapa temanmu. (Riwayat Abu Dawud dan at-Tirmidzi dari Abu Hurairah).

Para sahabat saling memberi syafa’at di hari kiamat nantinya.

Rasulullah bersabda tentang syafaat antara sahabat di hari kiamat :

“Setelah orang-orang mukmin itu dibebaskan dari neraka, demi Allah, Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kalian begitu gigih dalam memohon kepada Allah untuk memperjuangkan hak untuk saudara-saudaranya yang berada di dalam neraka pada hari kiamat. Mereka memohon: Wahai Tuhan kami, mereka itu (yang tinggal di neraka) pernah berpuasa bersama kami, shalat, dan juga haji.

Dijawab: ”Keluarkan (dari neraka) orang-orang yang kalian kenal.” Hingga wajah mereka diharamkan untuk dibakar oleh api neraka.

Para mukminin inipun mengeluarkan banyak saudaranya yang telah dibakar di neraka, ada yang dibakar sampai betisnya dan ada yang sampai lututnya.

Kemudian orang mukmin itu lapor kepada Allah, ”Ya Tuhan kami, orang yang Engkau perintahkan untuk dientaskan dari neraka, sudah tidak tersisa.”

Allah berfirman, ”Kembali lagi, keluarkanlah yang masih memiliki iman seberat dinar.”

Maka dikeluarkanlah orang mukmin banyak sekali yang disiksa di neraka. Kemudian mereka melapor, ”Wahai Tuhan kami, kami tidak meninggalkan seorangpun orang yang Engkau perintahkan untuk dientas” (HR. Muslim no. 183).

Dalam memilih sahabat, cari sahabat yang mampu menjaga rahasia kawan, mampu menjaga rahasia keluarga kawan dan tidak saling bergunjing dan tidak bergosip sesama kawan.

Begitu juga memilih pemimpin, cari figur yang memiliki akhlak sidiq, amanah, tablig dan fatanah karena mereka yang mampu menjaga aset negeri ini dan pastilah orangnya berpengetahuan dan berwawasan luas.

Memilih sahabat dan pemimpin tidak serta merta urusan dunia saja tapi juga urusan akhirat. Pilihlah yang terbaik dari orang-orang yang ada. Dan jangan sampai salah memilih sahabat dan pemimpin.

Seorang muslim wajib memilih sahabat dan pemimpin yang baik agar hidup kita selamat, sejahtera dan bahagia dunia dan akhirat, ujar Ustadz Dr. Zulkifli, M.Ag diakhir kajian.***
 

Belum ada Komentar untuk "Shalat Subuh Berjamaah, Kajian Fiqih Memilih Sahabat Dan Pemimpin, Shalat Isyraq Dan Sarapan Pagi Bersama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel