Yuk.. Shalat Berjamaah di Masjid

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H Dengarkan Ceramah dan Semakin Semarak Dengan Penyerahan Hadiah Lomba


Masjid Al-Muhajirin adakan ceramah agama peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 hijriyah. Dan Semakin semarak dengan penyerahan hadiah lomba yang diikuti anak-anak yakni lomba tahfidz, lomba adzan dan lomba rangking satu.
 
Acara dibuka MC Belandra Salsabila dan dilanjutkan dengan lantunan tilawah oleh Amrul Mutho, Ahad bada Isya (7/08/2022).

Setelah itu ceramah agama disampaikan Ustadz KH. Rino Agung Al-Banteni.  Ustadz ini pengasuh ponpes Ashabul Kahfi yang selalu bikin jamaah tersenyum. Pada kesempatan malam ini membuat jamaah antusias dan penuh perhatian mendengar kajian.

Ustadz KH. Rino Agung Al-Banteni diawal kajian menerangkan Quran surah At-Taubah ayat 20.
Allażīna āmanụ wa hājarụ wa jāhadụ fī sabīlillāhi bi`amwālihim wa anfusihim a'ẓamu darajatan 'indallāh, wa ulā`ika humul-fā`izụn

Artinya: Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.

Beliau menjelaskan secara detail proses hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Yastrib (Madinah)

Meluruskan sejarah, Nabi Muhammad SAW hijrah bukan takut atau menghindar dari kafir quraish tapi itu adalah perintah Allah SWT untuk syiar agama ke daearah lain tepatnya di Yastrib (Madinah).

Pada tahun 620 Masehi, orang dari Yastrib datang ke Makkah untuk berziarah. Disanalah orang-orang ini bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. Nabi SAW tidak mengenal mereka tapi peziarah tersebut sudah mengetahui kenabian Muhammad SAW. Disaat masyarakat Yastrib datang, mereka meminta Nabi SAW dan pengikutnya untuk hijrah ke Yastrib.

Nabi Muhammad SAW hijrah dari Makkah ke Madinah dilakukan pada bulan Rabiul Awal. Nabi SAW memilih hijrah pada Muharram karena bulan tersebut datang utusan warga Madinah melakukan haji.

Tahun pertama Nabi SAW hijrah ditandai sebagai tahun 1 hijriyah. Kota Yastrib lalu berganti nama menjadi Kota Madinatun Nabi dan akhirnya disingkat menjadi Madinah.

Begitu sampai di Yastrib (Madinah), hal yang dilakukukan Nabi Muhammad SAW ialah mengumpulkan sahabat dari Anshor dan Muhajirin. Pertama yang dilakukan ialah membangun Masjid Assyarif yang kita kenal sekarang Masjid Nabawi. Dan turunlah perintah shalat untuk beribadah.

Dan bagaimana cara memanggil orang untuk shalat karena banyak warga yang bekerja, maka sahabat berembuk dan akhirnya dapat petunjuk dan disepakati dengan cara melantunkan seruan adzan. Yang mengajari sahabat adzan ialah Abdullah Bin Sayid atas permintaan Nabi SAW. Dan Azan pertama kali dikumandangkan oleh sahabat Rasulullah bernama Bilal bin Rabbah yang memiliki suara yang merdu.

Kota Madinah jadi pusat pemerintahan Islam, mulai dari masa nabi SAW hingga ke masa sahabat dan  hingga saat ini.

Ustadz KH. Rino Agung Al-Banteni membuat tausiyah semakin menarik dengan pemberian hadiah spesial berupa uang buat anak laki-laki dan perempuan yang bisa menjawab pertanyaan kajian.

Diakhir tausiyahnya Ustadz KH. Rino Agung Al-Banteni mengajak kita semua shalat berjamaah di masjid dan perbanyak bersyukur kepada Allah SWT. Buat kita yang masih sibuk memikirkan dunia, maka dari sekarang pikirkanlah akhirat. Jadilah suami yang baik untuk istri dan anak-anak dan begitu juga sebaliknya jadilah istri yang baik untuk suami dan anak-anaknya. Semoga kajian singkat ini bermanfaat buat kita semua, ujarnya.

Ketua RW13 Dusun IV Tarai Bangun, Baharuddin mengucapkan terimakasih atas kehadiran jamaah bersama-sama memperingati tahun baru Islam di Masjid Al-Muhajirin dan sekaligus mengajak jamaah untuk selalu ramaikan masjid, ungkapnya.
 
Ketua Masjid Al-Muhajirin Dr. Jarir, M.Ag turut hadir acara peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H. Beliau mengajak jamaah bersatu, menguatkan silaturahmi dan mengajak shalat berjamaah di masjid.
"Semakin banyak orang yang beriman, maka hidup masyarakat kita pun makin berkah. Ayo kita bersama-sama makmurkan masjid”, ujarnya.

Ketua Remaja Masjid Al-Muhajirin Miftah Fathi El Ghina A.Md. Gz  menerangkan semua rangkaian kegiatan remaja diawal muharram mulai dari pelatihan jurnalistik dakwah dan mengadakan lomba lomba tahfidz, lomba adzan dan rangking satu hingga kajian malam ini berjalan lancar dan sukses.
“Mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kekompakan remaja semuanya dan dukungan dari pengurus masjid”,  terangnya.

Diakhir acara pengurus remaja masjid juga membagikan hadiah kepada anak-anak pemenang lomba sebagai berikut :
1. Lomba Adzan
  • Juara I : Habiburahman
  • Juara II : M. Farel Pratama
  • Juara III : M. Bintang Ramadhan
2. Lomba Tahfidz Putra
  • Juara I : Fajri Artanabil , nilai 92,3
  • Juara II : Rizky Adiyta, nilai 84
  • Juara III : Habiburahman , nilai 72,6
3. Lomba Tahfidz Putri
  • Juara I : Aliyah Fitrah , nilai 95,6
  • Juara II : Robiatul Adawiyah , nilai 91
  • Juara III : Airah Fitrah , nilai 88,3
4. Lomba Rangking Satu
  • Juara I : Habiburahman
  • Juara II : Fajri Artanabil
  • Juara III : Robiatul Adawiyah.
Gallery foto oleh Tim IT
 
 
 

 






































































Belum ada Komentar untuk "Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H Dengarkan Ceramah dan Semakin Semarak Dengan Penyerahan Hadiah Lomba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel